Friday 21 December 2012

Tumbuhan Langka di Indonesia

Contoh Tumbuhan Langka di Indonesia

Contoh Tumbuhan Langka di Indonesia –Tumbuhan langka adalah tumbuhan yang sangat sulit ditemukan spisiesnya atau sudah hampir punah jika tidak dibudidayakan dengan serius maka tak dapat di cegah lagi bahwa tanaman langka tersebut akan punah. Pemerintah berusaha keras untuk mencanangkan program “go green” yang marak akhir-akhir ini. Bukan hanya tumbuhan atau tanaman langka saja yang perlu di selmatkan tetapi semua jenis tanaman yang ada di dunia. Bisa kita simak di bawah beberapa contoh-contoh tumbuhan langka yang ada di Indonesia beserta pengertian dan penjelasannya secara lengkap.

Berikut Contoh Tumbuhan Langka di Indonesia

    BALAM SUNTAI
Balam Suntai (Palaquium walsurifolium), balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli indonesia atau Kantong Semar. Tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik. kelas keawetan Contoh Tumbuhan Langka di Indonesia ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. maka tidaklah heran kalau tanaman langka ini banyak dicari orang.


    BAYUR
Bayur (Pterospermum sp). Contoh Tumbuhan Langka di Indonesia ini memiliki nama daerah Balang, wadang, walang, wayu. bayur adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus.


    POHON ULIN

Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri). Contoh Tumbuhan Langka di Indonesia ini juga dikenal dengan kayu besi. tanaman khas kalimantan ini memilki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. tanaman langka ini adalah satu komoditas kayu yang paling laku karena kualitas kayunya.


    CENDANA

Cendana (Santalum album). Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda, dan untuk menghilangkan rasa cemas.
blog Biologi

No comments:

Post a Comment